Selasa, 08 Maret 2016

BNN Kota Kediri Menjadi Pioner Launching Kurikulum Pendidikan P4GN Terintegrasi

BNN Kota Kediri kembali melakukan terobosan baru dalam rangka menyiapkan generasi  muda Indonesia yang sehat tanpa narkoba.  Realisasai dari terobosan tersebut adalah tersusunnya silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) P4GN yang dilengkapi dengan materi pokok dan materi tematik dan penguat, yang terangkum dalam modul Kurikulum Pendidikan P4GN Terintegrasi. Setelah tersusunnya modul tersebut, pada  8 Maret 2016, BNN Kota Kediri mengadakan Launching Kurikulum P4GN Terintegrasi pada Pendidikan Dasar dan Menengah se Kota Kediri. Kegiatan ini sekaligus sebagai momentum awal diterapkannya Kurikulum P4GN terintegrasi tersebut mulai awal tahun ajaran baru 2016/2017 mendatang.







 

Launching Kurikulum tersebut merupakan hasil dari rangkaian kegiatan advokasi yang panjang dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Kediri, mulai dari rapat bersama MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP dan SMA se Kota Kediri pada 28 Januari 2016 kemudian dilanjutkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus dan RPP bersama guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) pada 2 Februari 2016.

Launching Kurikulum Pendidikan P4GN ini dihadiri langsung oleh Kepala BNNP Jawa Timur, Brigjen.Pol Drs. Sukirman. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap BNN Kota Kediri yang telah mengawali diberlakukannya integrasi Kurikulum P4GN ke dalam lembaga Pendidikan. Beliau berharap agar kemudian integrasi kurikulum tersebut dapat dilaksanakan di seluruh BNNK/Kota yang lain.          
 
Sementara itu, Kepala BNN Kota Kediri AKBP Lilik Dewi Indarwati, AmK, SH, MM menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya menyelamatkan generasi penerus bangsa dari ancaman Narkoba. Sebagai salah satu tolak ukur keberhasilannya, BNN Kota Kediri pada Bulan April akan menyelenggarakan Lomba Aksi Sekolah Bersih Narkoba, dimana salah satu unsur penilaiannya adalah telah diterapkannya kurikulum P4GN terintegrasi tersebut di sekolahnya. Melalui kurikulum P4GN Terintegrasi tersebut diharapkan lembaga pendidikan dapat ikut serta membantu menyiapkan generasi Indonesia yang sehat tanpa narkoba. 

Pada acara tersebut, Kepala BNN Kota Kediri menyerahkan modul perangkat pembelajaran Kurikulum Pendidikan P4GN terintegrasi kepada Kepala BNNP Jawa Timur, Walikota Kediri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Kediri. walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyampaikan terimakasih atas kerja keras dari seluruh pihak dalam penyusunan kurikulum ini, diharapkan kurikulum ini benar-benar segera diterapkan di tingkat SMP, SMA, SMK / sederajat.