Jumat, 14 Juni 2019

BNN Bersama Camat se-Kota Kediri Percepat Program Kelurahan Bersinar

Selasa, 30 April 2019 Saat ini, masalah penting yang menjadi perhatian semua pihak adalah masalah penyalahgunaan narkoba. Dimana angka prevalensi penggunanya kini mencapai 4,5jt jiwa pengguna narkoba. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi tujuan perdagangan gelap narkoba. Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan luas pantai terpanjang di dunia memungkinkan banyak pintu masuk yang belum terawasi dengan baik. Kedua, lemahnya penegakan hukum terhadap pada penjahat narkoba. Ketiga, keuntungan yang didapatkan dalam bisnis haram ini sangat besar karena pangsa pasar terus meningkat. Keempat, kurang berperannya unsur elemen masyarakat luas dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. untuk menanggulangi hal tersebut BNN Kota Kediri melaksanakan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Antinarkoba dengan tema Jalin dan Tingkatkan Sinergitas Demi Indonesia Sehat Bersih Narkoba (Bersinar).

Kegiatan yang dilaksanakan di meeting room lotus garden Kota Kediri melibatakan Camat Mojoroto, Camat Kota Kota Kediri, Camat Pesantren, utusan PKM se Kota Kediri, Kepala Kelurahan dan penggiat dari Kelurahan Mojoroto, Pojok, Bandar Lor, Ketami, Tempurejo, Tinalan, Setonopande, Dandangan, Ngronggo.
Materi yang disampaikan meliputi Kebijakan Pemerintah Kota Kediri dalam upaya P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) dan prosedur pengintegrasian P4GN ke dalam program dan Anggaran di Kelurahan Wilayah Kota Kediri oleh Barenlitbang (Herry Krismono, SE, MM.), Kelurahan Bersih Narkoba (BERSINAR), sebagai salah satu upaya preventif penyalahgunaan Narkoba berbasis kelurahan oleh Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Jatim (AKBP Ria Damayanti, SH), Rencana Aksi P4GN dalam rangka mewujudkan kelurahan BERSINAR oleh Kasi P2M Kompol Dyah Nawang Indrawati, SH.
Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MOU P4GN dengan Kec.Kota, Kec.Pesantren, Kec.Mojoroto, dengan harapan para pelaksana kebijakan di Kecamatan dapat segera menindaklanjuti untuk mewujudkan Kelurahan Bersinar di wilayah Kota Kediri.